Rabu, 2 Januari 2013

AMALAN SEBELUM TIDUR...

"Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun, niscaya malaikat itu akan berdoa: Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci" (HR. Ibnu Hibban)

EMPAT AMALAN SEBELUM TIDUR

Berkaitan dengan persiapan menjelang tidur, dalam beberapa literatur disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah berwasiat kepada istrinya, Siti Aisyah:

"Wahai Aisyah, janganlah engkau tidur sebelum engkau melakukan empat hal:

1. Mengkhatamkan Al-Qur'an.
2. Memperoleh syafa'at dariku.
3. Kaum Mu'minin dan Mu'minat ridho kepadamu.
4. Melaksanakan Haji dan umrah.

Aisyah bertanya: "Ya, Rasulullah... Bagaimana mungkin aku melakukan semua itu sebelum tidur?"

Rasulullah SAW menjawab: "Sebelum tidur:

1. Bacalah surat Al-Ikhlas 3 kali. Maka seakan-akan (sama nilainya) dengan mengkhatamkan Al-Qur'an.

2. Bacalah shalawat untukku, "Allaahumma shalli 'ala Muhammad wa 'alaa aali Muhammad", maka aku akan memberi syafa'at kepadamu.

3. Mintalah ampunan untuk kaum mi'min/at (Allaahummaghfir lil mu'miniina wal mu'minaat, wa lil muslimiina wal muslimaat, al-ahyaa-i minhum wal amwaat), maka niscaya mereka akan meridhoimu.

4. Bacalah "Subahanallah, Wal hamdulillah wa la ilaha illallah huwallahu akbar", maka seakan-akan (sama nilainya) engkau telah melaksanakan haji dan umrah."

Selamat tidur... Jangan lupa wudhu... Yakinlah bahwa Allah SWT akan memberikan jalan keluar bagi permasalahan "hamba"-Nya...

Wallaahu a'lam...

Petikan dari: FB Sudah Tahukah Anda?